[New post] Instalasi sdk android + cara screenshot android dengan ddms

Posted on

Instalasi sdk android + cara screenshot android dengan ddms

blumontego | July 1, 2010 at 4:05 pm | Categories: tuts | URL: http://wp.me/pFGIG-57

ehem ehem
kadang kadang pengen banget rasa nya mamerin android kita, apllikasi aplikasi nya dan apa aja yang udah kita otak atik di android kita, tapi bagaimana cara nya? sedangkan android kita belum di rooting, jadi ga bisa instal2 aplikasi untuk screenshot, cckckckc,,, tapi tenang aja, ga perlu buru buru ke dukun, coba baca postingan ini dulu, mungkin engga sepraktis kalo instal aplikasi android rooting, tapi bisa jadi alternatif untuk anda yang takut untuk rooting hp nya ahahaha,,

Cara nya gampang, tapi sebelum nya anda harus mempersiapkan sdk android beserta java environtment nya terlebih dahulu, dan di komputer anda harus sudah terinstal usb driver untuk hp android anda, bila belum tau cara menginstal usb driver nya bisa di liat di posting sebelum nya, bisa di intip di sini [(@.-)]

  1. Untuk langkah pertama persiapkan perlengkapan tempurnya dan anda bisa download sdk nya neng kene
  2. trus kalo belum instal java jre nya, bisa nyomot didie’
  3. kalo udah instal deh java nya, tinggal next next aja,
  4. langkah selanjut nya extract sdk yang anda download di tempat yang anda inginkan, saran penulis jangan di taruh di folder yang susah, apa lagi bila di jadikan  satu dengan folder koleksi filem terlarang anda, yang terselubung dan sering di hidden, karena akan menyulitkan saat anda mensetting SDK nya (ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis :p )
  5. setting environtment variable komputer anda, di windows seven anda tinggal buka kontrol panel> search environment variable > klik environment variable
  6. nah nanti muncul kotak dialog lalu klik tombol environment variable
  7. nah nanti muncul dialog baru, kemudian edit path nya dengan mengklik path

  8. setelah itu akan muncul dialoge selanjut nya yang meminta kita memasukan alamat, dan kita isikan variable value dengan alamat bin jre anda, bila saat instalasi anda menyimpanya default maka anda tinggal isikan dengan alamat C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_20\bin folder ini tergantung dengan nama folder saat anda menginstal, harap cek dulu folder bin java anda di file explorer anda terlebih dahulu,
  9. setting sdk dengan memasukan alamat sdk anda, sesuai di mana anda mengextrak sdk anda, masukan kedalam variable value di atas, dengan pemisah tanda titik koma “;” sebagai contoh penulis mengextak  di foldes software “D:\software\android app dev tools\android-sdk-windows” maka penulis menggabungkan kedua nya dengan pembatas titik koma C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_20\bin;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_20\bin
  10. nah sekarang saat nya  mulai pamerin dah isi android kita,ahahahhaha,,, petama tama jangan lupa setting android nya, setting > aplication > development > enable usb debuging,
  11. sekarang tinggal colokin deh hp  anda ke pc, sampe sini merupakan langkah dasar untuk memanfaatkan sdk untuk keperluan lainya lagi, jadi langkah di atas mungkin akan menjadi dasar untuk melakukan tutorial selanjut nya, jadi jangan seneng duluya..ahahahha….

SCREEENSHOT DENGAN MENGGUNAKAN SDK ANDROID (DDMS)

  1. okeh langkah selanjut nya anda masuk ke dalam folder tempat anda menyimapan SDK anda, dan masuk ke dalam folder tool dan double klik file ddms.bat maka akan muncul  prompt  dos dan dalvik debug monitor
  2. oke saat nya bila sudah terkoneksi hp nya ke pc dan driver usb nya tak ada masalah, maka tampilan ddms akan seperti di bawah ini (ada lambang hp anda dan bersetatus onlinne)
  3. nah sekarang tinggal pencet ctrl+s dan akan muncul kotak dialog seperti di bawah, dan tinggal klilk tombol save untuk save screenshot nya,hehehhe

ahahahha jadi dah screenshot android kita,hehehhe…..

sebener nya masih banyak lagi kegunaan dari ddms ini, namun yang karena keterbatasan waktu, keterbatasan energi untuk menulis, dan terlebih lagi keterbattasan ilmu, maka penulis menyudahi aj sampe sini dulu,hoho
tapi kalo di pikir2 ini lumayan kok dari  pada anda pergi ke dukun hanya untuk screenshot android,heehee
nungguin downlotan, ariel aura kasih
cukup sekian dan terima kasih

Add a comment to this post


Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s