timetotalks

Posted on Updated on

h1 a:hover {background-color:#888;color:#fff ! important;} div#emailbody table#itemcontentlist tr td div ul { list-style-type:square; padding-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div blockquote { padding-left:6px; border-left: 6px solid #dadada; margin-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div li { margin-bottom:1em; margin-left:1em; } table#itemcontentlist tr td a:link, table#itemcontentlist tr td a:visited, table#itemcontentlist tr td a:active, ul#summarylist li a { color:#000099; font-weight:bold; text-decoration:none; } img {border:none;}

timetotalks


Spesies Nyamuk Baru Yg Sangat Berbahaya Ditemukan di Pakanbaru

Posted: 07 Feb 2010 05:11 AM PST

Sebuah sengatan dari nyamuk yg tidak dikenal yg ditemukan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Pekanbaru, Riau telah terbukti mampu untuk mematikan ternak.
Menurut Askardiya Ribudana Patrianov, kepala Departemen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Provinsi Riau, “puluhan ternak” telah tewas sejak serangan dimulai pada bulan Desember, 2009.
Menurut laporan, domba, sapi dan ayam telah meninggal setelah disengat spesies yang belum teridentifikasi. Manusia juga telah tersengat meskipun tidak ada korban jiwa yang telah dilaporkan.

Meskipun mirip spesies nyamuk lainnya yg kita kenal, nyamuk khusus ini memiliki kepala putih dan menyerang hanya pada malam hari. Salah satu penduduk local melaporkan, nyamuk tsb kalau sudah menempel pd kulit susah untuk dilepaskan.
Serangga ini muncul setelah muncul banjir, untuk mengantisipasi serangan spesies baru ini, penduduk setempat menggunakan kelambu untuk melindungi diri maupun ternak mereka.

Kagumi Gedung Pencakar Langit Jakarta

Posted: 07 Feb 2010 02:24 AM PST

PRIA murah senyum ini bukanlah sosok asing dalam hal diplomasi luar negeri. Sejak masih muda, dia telah melanglang buana di dunia. Dimulai pada 1970-an, Andrew Li-Yan Hsia telah memulai penjelajahannya di Inggris saat menuntut ilmu di salah satu universitas di sana.

Namun, pengalaman diplomasi luar negeri pertama pria yang kini menjabat sebagai Perwakilan Kantor Dagang Ekonomi Taipei (Teto) di Indonesia ini adalah bertugas sebagai penasihat politik di Washington DC, Amerika Serikat (AS). “Di kota inilah saya menjalankan tugas luar negeri pertama saya. Saya bekerja di Washington selama 10,5 tahun. Masa-masa itu sangat sulit. Namun, saya mengakui, di AS, tidak ada yang lebih menarik selain Washington dan New York. Selalu ada peristiwa yang menarik walau hari-hari kadang terasa sulit dilalui,” papar Hsia yang juga pernah bertugas selama 1,5 tahun di Ottawa, Kanada, ini.

Selama 10,5 tahun di AS, Hsia telah menjalani banyak hal, terutama pada 1996. Saat itu terjadi krisis di AS, sementara di Taiwan sedang terjadi krisis rudal. “Kemudian saya ditawari bertugas di dua tempat, yaitu di Jakarta dan salah satu kota di Eropa. Saya memilih Jakarta,” paparnya teriring senyum. Hsia tentu saja punya alasan tersendiri mengapa memilih Jakarta sebagai pelabuhan berikutnya. Bagi dia, ada sesuatu yang kurang dalam hidupnya meskipun sudah pernah bekerja dan tinggal di Washington dan New York.

Menurut dia, selama bekerja, dia belum pernah sekali pun bertugas di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara yang notabene letaknya berdekatan dengan Taiwan. “Saya merasa perlu untuk mengetahui tetangga kami (Taiwan) dan di sinilah saya sekarang,” jelasnya. Hsia resmi mengemban tugas sebagai Perwakilan Kantor Dagang Ekonomi Taipei (Teto) di Indonesia enam bulan yang lalu. Namun, meskipun baru setengah tahun berada di Jakarta, dia merasa tidak pernah menyesali pilihannya. Dia mengaku suka ibu kota Indonesia ini. Saya bangga karena hubungan Taipei dan Jakarta semakin baik. Investasi Indonesia dan Taiwan juga kian meningkat. Namun sepertinya kami membutuhkan lebih banyak lagi orang jenius untuk meningkatkan pendapatan perdagangan,” ungkapnya teriring senyum.

Namun, tetap saja Hsia menemukan banyak kendala selama berada di Indonesia. Salah satunya adalah hambatan dalam level komunikasi. Menurut dia, Indonesia dan Taiwan harus berusaha lebih keras lagi agar komunikasi dua kawasan ini bisa berjalan semakin baik. “Menurut saya, Indonesia dan Taiwan harus lebih sering saling mengunjungi agar keduanya semakin memahami kebutuhan dan persoalan masing-masing. Jika sudah saling memahami, tentu akan lebih mudah untuk menjalin kerja sama dalam berbagai sektor,” ujar dia.

Meski mengakui ada hambatan, Hsia menegaskan dirinya tetap menikmati Jakarta. Bagi Hsia, kota ini memang menarik. Meskipun macet, Jakarta menyimpan banyak pesona. Salah satunya adalah arsitektur bangunan pencakar langit yang menghiasi langit ibu kota Indonesia ini. Hsia mengaku mengagumi bentuk arsitek bangunan gedung di Jakarta. “Saya suka gedung-gedung yang ada di Jakarta. Arsitekturnya menarik. Bandingkan saja dengan Taipei 101 (bangunan tertinggi kedua di dunia). Arsitekturnya kalah dengan gedung-gedung yang ada di Jakarta ini,” tuturnya.

Selama di Jakarta, tiap akhir pekan Hsia selalu meluangkan waktunya untuk membaca, baik buku maupun surat kabar. Selain itu, dia juga gemar menjalani hobinya, yaitu bermain golf. “Saya juga kerap renang dan golf. Tapi saya tidak tahan lama-lama bermain golf di Jakarta karena cuaca di sini cukup panas,” pungkasnya.

Alan MacQuattie nekat membedah hewan peliharaannya sendiri

Posted: 07 Feb 2010 02:23 AM PST

BARRINGTON, AS – Terlalu sayang kepada binatang peliharaannya membuat seorang pria gelap mata. Tidak memiliki cukup uang untuk membawa anjing kesayangannya ke dokter hewan, Alan MacQuattie nekat membedah hewan peliharaannya sendiri.
Niat membuang kista yang berada di kaki anjing peliharaannya, MaCquattie memaksakan diri untuk membedah kaki anjingnya tersebut. Operasi bedahnya ini dia lakukan karena dirinya tidak mampu membiayai perawatan di dokter hewan.

Pria berusia 63 tahun ini memang hidup miskin dengan kondisi tubuh yang cacat dan kebutuhan sehari-hari tergantung dari Jaminan Sosial di Rohde Island, Amerika Serikat, membuatnya berpikir dua kali untuk membawa anjing kesayangannya ke dokter hewan.

“Dengan kondisi ekonomi yang terjadi saat ini, siapa yang mau memberikan bantuan cuma-cuma,” ucap MacQuattie seperti dikutip Associated Press, Minggu (7/2/2010).

Namun menurut Ketua Ikatan Dokter Hewan Rhode Island, E.J Finocchio, proses bedah yang dilakukan oleh dianggap sebuah tindak kejahatan. Menurut Dokter Finocchio prosedur yang dilakukan MacQuattie sebenar dianggap tidak perlu karena kista yang diderita anjing tersebut tidak berbahaya.

Dalam persidangan, MacQuattie tetap bersikukuh jika dirinya tidak melakukan hal berbahaya. Dia juga menolak dituduh melakukan aksi kejahatan terhadap hewan. “Saya hanya ingin menolong anjing saya. Saya tidak percaya hal tersebut merupakan aksi kejahatan,” ungkap MacQuattie.

Pengadilan akhirnya membebaskan pria tua tersebut dari segala tuduhannya, tetapi ia diminta untuk melakukan tindakan penyembuhan atas hewan peliharaannya tersebut. Untungnya dirinya diperbolehkan untuk memelihara anjing kesayangannya itu.

Bocah 14 Tahun Ini Korban Termuda di Perang Dunia II

Posted: 07 Feb 2010 02:21 AM PST

LONDON ā€“ Anak tersebut berbohong tentang umurnya hanya agar dapat masuk menjadi tentara, dan keberaniannya pun diberikan penghargaan dengan kematian yang lebih awal.

Kini, disaat usianya yang mungkin saja bisa mencapai 82 tahun, Reginald Earnshaw akhirnya diakui menjadi bagian dalam sejarah sedih Perang Dunia II. Pada Jumat 5 Februari kemarin waktu setempat, Komisi Pemakaman Korban Perang secara resmi mengumumkan bahwa ia menjadi korban termuda yang tewas dalam Perang Dunia II dari pihak Inggris.

Anak tersebut hanya hidup selama 14 tahun dan 152 hari. Ia tewas ketika pesawat Jerman menyerang kapal SS Devon, di lepas pantai timur Inggris pada tanggal 6 Juli 1941. Saat itu Earnshaw baru mengabdi di dinas militer Inggris selama beberapa bulan.

Para pejabat terkait lambat untuk mengetahui status anak tersebut karena tidak adanya catatan kelahiran. Minimnya catatan menyebabkan kesulitan untuk membuktikan apakah usianya memang lebih muda dari Raymond Steed, yang meninggal pada usia 14 tahun dan 207 hari.

Menjalani tuga kemiliterannya, Earnshaw berperan sebagai petugas kabin. Saat itu ia mengaku bahwa usianya 15 tahun, usia minimum yang diperbolehkan untuk bergabung. Kebohongan Earnshaw ini dilakukannya semata-mata karena ingin mengabdi kepada negaranya.

Pengakuan atas status pejuang muda tersebut diperoleh dari sang adik, Pauline Harvey. Perempuan yang kini berusia 77 tahun tersebut membawa bukti catatan kelahiran dari Earnshaw. Catatan kelahiran ini yang membuahkan pengakuan remaja tersebut, sebagai korban tewas termuda dalam Perang Dunia II. Demikian diberitakan Associated Press, Minggu (7/2/2010).

Harvey sendiri awalnya kesulitan mencari makam dari kakaknya tersebut, mengingat jenazahnya dikubur dalam makam yang tidak memiliki nisan. Namun semuanya berubah saat rekan Earnshaw saat bertugas saat Perang Dunia II, Alf Tubb, berusaha mencari makam rekan mudanya tersebut di Edinburgh, Skotlandia.

Pencarian Tubb banyak menemui kendala karena Komisi Pemakaman Korban Perang tidak pernah memberi tahu dimana Eranshaw dikuburkan. Namun setelah sekian lama, komisi tersebut akhirnya mampu menemukan makam berdasarkan informasi dari Tubb. Komisi itu pun menaruh batu nisan di atas makam pahlawan perang tersebut.

Kini Harvey yang berusia sembilan tahun saat kakaknya meninggal, bisa memilih tulisan diatas nisan kakaknya tersebut.

Pluto Kian ‘ Terang & Memerah’

Posted: 07 Feb 2010 02:20 AM PST

WASHINGTON – Pemantauan terbaru yang dilakukan lembaga antariksa AS NASA menyebutkan, warna Pluto semakin terang dan nampak kian memerah.

Perubahan warna ini terjadi setelah planet terjauh tersebut berotasi mengelilingi matahari selama 248 tahun. Demikian keterangan yang dikutip dari Reuters, Minggu (7/2/2010).

Temuan NASA tersebut nampak pada sebuha citra yang diambil menggunakan teleskop luar angkasa Hubble, dimana terlihat belahan Pluto bagian utara nampak lebih cerah dan keseluruhan planet nampak terlihat berwarna lebih merah dari pemantauan sebelumnya.

“Perubahan warna ini lebih disebabkan karena melelehnya permukaan es di kutub yang terkena matahari, kemudian membeku kembali di kutub lainnya yang lebih gelap,” kata juru bicara NASA.

“Planet ini tengah memasuki fase berikutnya, setelah siklus musiman selama 248 tahun,” tandasnya.

Ini Dia Perjanjian dengan Kerispatih hingga Sammy Depresi [Kerispatih Ingin Membuang Sammy]

Posted: 07 Feb 2010 02:15 AM PST

JAKARTA – Sammy ditangkap polisi saat menggunakan sabu-sabu. Barang haram itu dipakai Sammy karena tengah depresi setelah dipaksa Kerispatih menandatangani perjanjian. Ini dia isi perjanjian itu.

“Kalau Sammy terlibat narkoba, harus kembalikan uang Rp500 juta untuk Kerispatih. Kalau ingkari prjanjian ini, harus kembalikan Rp200 juta kepada Kerispatih. Bayaran Sammy saat show di luar kota Rp2 juta dan show dalam kota Rp1,5. Itu kan tidak manusiawi. Dia jadi enggak mampu bayar kosan,” urai ibunda Sammy, Tiur Ida Simanjuntak, di kawasan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2010).

Selain itu, jika ada show dan media meminta foto bersama Kerispatih, Sammy dilarang berdiri di depan karena dianggap hanya additional (bukan personel inti). Sammy juga tidak boleh menjawab jika sedang wawancara dengan media tentang band, kecuali mengenai hal personal.

“Sammy juga tidak boleh terima job di luar Kerispatih. Untung perjanjian ini belum ditandatangani, tapi surat itu sudah ad materainya,” kata tiur.

Sepulang konser di Hong Kong pada akhir Januari lalu, menurut Tiur, Sammy disuruh Badai (personel Kerispatih) supaya keluar dari band. Sammy sedih dan menangis karena sangat mengasihi Kerispatih.

Diduga, Kerispatih sudah berniat mengeluarkan Sammy sejak pria bernama asli Hendra Samuel Simorangkir ini terbelit kasus hukum dengan Giska. Sammy dilaporkan Giska mencuri mobilnya pada awal Desember 2009.

Hubble Tangkap Komet

Posted: 07 Feb 2010 02:08 AM PST

LOS ANGELES ā€“ Setelah berhasil melacak galaksi biru, kini teleskop Hubble milik Badan Antariksa Nasional AS (NASA) kembali menangkap pergerakan benda langit yang menakjubkan.

Pekan lalu, teleskop Hubble berhasil merekam bintang berekor atau komet. Benda langit ini terlihat melintas dalam lingkar sabuk planet Mars dan Jupiter. Prediksi astronomer, komet ini lahir akibat tubrukan dua asteroid dalam jarak 90 juta mil dari bumi. Sesaat setelah tubrukan, lahirlah bintang berekor. Gas dan debu menyelimuti komet, lalu menimbulkan cahaya yang terang. Objek tangkapan Hubble ini dinamakan P/2010 A2. Bagi orang awam, komet yang melintas dalam cahaya kebiruan ini tentu indah.

Tapi coba saja tanyakan pada ilmuwan tentang seluk-beluk tabrakan dua asteroid yang memunculkan komet bersinar itu, maka akan didapatkan jawaban yang lebih menakjubkan. Analisis sementara astronomer, dua asteroid yang mendahului lahirnya komet adalah asteroid yang sama dengan yang menabrak bumi 65 juta tahun lalu. Ketika asteroid berhasil menembus atmosfer bumi, secepat itu pula kehidupan di bumi porak-poranda, dan dinosaurus pun punah. Namun, analisis ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. NASA masih mengadakan investigasi lanjutan terkait komet tersebut.

“Kami terus melakukan investigasi untuk memahami peristiwa ini,” ungkap ketua investigator dari University of California di Los Angeles, David Jewitt. “Lahirnya komet sepertinya didahului dengan tabrakan dua asteroid. Karena tekanan sinar matahari, asteroid saling bertabrakan, dan menyemburkan lapisan debu dan gas serupa ekor,” sambungnya. Lapisan gas dan debu yang terekam Hubble ini memang menyerupai komet. Namun, Jewitt mengaku belum bisa memastikan kebenarannya. “Tampilan komet ini berbeda dari komet yang pernah kami teliti sebelumnya,” ujarnya.

Orbit P/2010 A2 diduga memiliki relasi dengan sekelompok asteroid yang dikenal dengan “keluarga Flora”. Investigasi terus diupayakan, dan kami hanya bisa menunggu. Para ilmuwan berharap, penelitian yang tengah mereka lakukan sanggup memberi pemahaman kepada manusia tentang proses terbentuknya asteroid. Jika hasil investigasi sudah diperoleh, maka manusia bisa mewaspadai atau bahkan mencegah tabrakan asteroid ke bumi. “Kami masih yakin bahwa dua asteroid itu saling menabrak, lalu menghancurkan satu dengan yang lain,” papar Jewitt.

Ilmuwan antariksa ini berharap rekan-rekannya mampu menggali misteri komet yang terekam lewat teleskop Hubble sehingga para ilmuwan secepatnya bisa mencari cara untuk mencegah tubrukan salah satu asteroid ke planet bumi. “Atau mungkin saja kita mampu menghancurkan asteroid yang siap menabrak bumi,” paparnya. Untuk mewujudkan harapannya, NASA siap mengajukan proposal biaya sebesar USD16 juta. NASA berharap, program ini tidak dipangkas, seperti pemerintah AS berniat menghentikan misi pendaratan manusia di bulan yang tengah diperjuangkan NASA, program Constellation.

Temuan teleskop Hubble membuat NASA kian bangga. Sebelum tertampilnya komet misterius ini, Hubble berhasil menangkap gambar galaksi bersemburat biru. Bagi NASA, rekaman gambar galaksi biru sungguh luar biasa. Sebabnya, galaksi ultra biru ditemukan 600 juta tahun setelah terjadinya ledakan dahsyat yang mengawali terbentuknya alam semesta atau big bang. Menurut para ilmuwan NASA, galaksi ultra biru mulai terbentuk sekitar 13,7 miliar tahun lampau. Mereka memperkirakan, galaksi ultra biru terbentuk sebelum bintang-bintang besar lahir, perlahan meredup, dan akhirnya menjadi bintang mati.

Seperti rekaman gambar komet misterius, temuan galaksi ultra biru juga menjadi perbincangan hangat di kalangan para kosmolog. Selama ini, mereka mempercayai bahwa formasi galaksi alam semesta mulai terbentuk sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. “Galaksi ini telah membuat kami meninjau ulang 95 persen data perihal sejarah awal alam semesta,” beber Garth Illingworth, astronom dari University of California Santa Cruz (UCSC) sekaligus ketua tim survei teleskop Hubble. Selain Hubble, NASA punya “pahlawan” yang lain. Teleskop Kepler namanya.

Awal tahun lalu, teleskop Kepler berhasil melacak keberadaan lima exoplanet. Jika dijelaskan secara singkat, exoplanet merupakan planet yang mengorbit bintang selain matahari di luar sistem tata surya. Kelima exoplanet temuan Kepler telah diberi kode, yaitu Kepler 4b,5b,6b, 7b dan 8b. Penemuan ini membuat NASA itu makin optimistis bahwa Kepler mampu mencapai target lain di bidang sains.

Kecepatan Maksimal Manusia Berlari Capai 65 Km/Jam

Posted: 07 Feb 2010 02:07 AM PST

WASHINGTON – Kecepatan maksimal manusia dalam berlari diyakini bisa mencapai 55 hingga 65 km per jam. Selama ini, kecepatan berlari manusia hanya sekira 44 km per jam. Rekor tersebut dipegang pelari tercepat dunia, Usain Bolt di kategori lari jarak 100 meter.

Demikian diungkapkan dalam sebuah jurnal biologi, Journal of Applied Physiology. Arikel tentang kecepatan manusia berlari ditulis oleh Peter Weyand dari Southern Methodist University, Rosalind Sandell dan Danille Prime dari Rice University serta Matthew Bundle dari University of Wyoming.

“Pandangan yang ada selama ini menunjukkan bahwa batas kecepatan maksimal dipengaruhi oleh kekuatan otot untuk mendorong anggota tubuh untuk berlari, dan itu merupakan salah satu alasan yang masuk akal, kami mencoba untuk mengetahui lebih jauh mengenai kontraksi otot,” kata Weyand seperti diberitakan Times of India, Selasa (26/1/2010).

Menurut Weyand seseorang bisa membayangkan bila seorang sprinter mampu mencapai kekuatan maksimal kontraksi otot antara 800 hingga 1.000 pound maka secara biologis manusia mampu lebih cepat, mengingat kontraksi otot maksimal yang dilakukan manusia hanya terjadi pada satu bagian otot tungkai sedangkan yang lainnya hanya mendukung.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan treadmill berkecepatan tinggi yang mampu membuat manusia berlari pada kecepatan maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa batas kecepatan lari ditentukan oleh kemampuan kecepatan serat otot berkontraksi.

Namun, diakui para peneliti bahwa kecepatan manusia 55 hingga 65 km per jam sulit untuk terjadi.

Monyet Juga Pandai Matematika

Posted: 07 Feb 2010 02:05 AM PST

BERLIN – Hasil studi terbaru yang dilakukan para peneliti Jerman menyebutkan, monyet memiliki kemampuan dasar matematika.

Monyet terbukti memiliki kemampuan berhitung. Kesimpulan ini didapat setelah peneliti menguji monyet menentukan jumlah titik yang muncul pada sebuah layar. Mereka bisa menebak jumlah titik tersebut bertambah atau berkurang.

Hasil percobaan menunjukkan mereka bisa membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka temukan. Professor Andreas Nieder dari University of Tubingen, Jerman, yang memimpin studi ini yakin temuan ini menandakan bahwa kemampuan dasar matematika “hard-wired into evolution”.

“Ini adalah kemampuan matematika versi primitif yang memiliki manfaat dalam proses bertahan hidup,” kata Andreas seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (22/1/2010).

“Contohnya pada saat mencari makan, kemampuan ini bermanfaat untuk memilih pohon yang memiliki lebih banyak buah,” tambahnya.

Andreas kemudian menjelaskan, kemampuan berhitung sama pentingnya bagi monyet untuk mengetahui jumlah individu dalam kelompok mereka dan membandingkannya dengan kelompok lain yang menjadi pesaing atau lawan mereka. Dengan demikian, monyet bisa tahu apakah mereka terancam oleh kelompok lain atau tidak.

Dalam studi ini monyet yang menjadi partisipan dilatih untuk mengenali jumlah titik yang ditampilkan pada sebuah layar. Mereka ditugaskan membandingkan jumlah titik yang ditampilkan layar berikutnya.

Jika jumlah titik bertambah dari yang ditampilkan pada layar sebelumnya, monyet itu diminta menarik semacam alat pengungkit. Sebaliknya jika jumlah titik lebih sedikit dari yang ditampilkan di layar sebelumnya, monyet tidak akan menarik pengungkit.

Monyet yang menebak dengan benar diberikan apel dan air minum sebagai hadiah atas kepintaran mereka. Dari studi ini juga diketahui bahwa rata-rata tingkat akurasi tebakan monyet yang di uji adalah sebesar 90 persen.

Wow! Bocah 9 Tahun Jadi Insiyur Microsoft

Posted: 07 Feb 2010 02:04 AM PST

SKOPJE – Macedonia, yang berharap berubah menjadi wilayah pusat teknologi saat ini sangat berbangga hati, pasalnya bocah berumur sembilan tahun Marko Calasan, menjadi Insinyur Microsoft Certified System termuda di dunia.

Permasalahannya adalah tanpa adanya tanggapan dan dukungan serius dari pemerintah, Marko tidak melihat adanya masa depan yang baik di wilayah Balkan yang menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1992 dari Yugoslavia.

“Saya ingin tinggal di sini, tetapi di sini kurang sumber daya. Saya ingin pergi ke Amerika Serikat, tempat di mana saya akan mendapatkan bahan-bahan teknis yang dibutuhkan. Saya tidak bisa sejahtera di sini. Saya ingin tinggal di sini, tetapi tidak bisa,” ujar Calasan seperti di kutip dari Reuters, Minggu (7/2/2010).

Pada usia enam tahun, Marko mendapatkan pengakuan sistem administrasi pertamanya dari Microsoft. Ia menjadi selebriti di sepanjang wilayah Balkans pada bulan Desember ketika ia mendapatkan Sertifikasi Sistem Insinyur-nya, gelar yang sulit didapat bahkan oleh seorang insinyur komputer yang ahli.

Dengan bakat yang besar ia dianugerahi hak yang spesial, pemerintah Masedonia pun mengijinkannya untuk tidak datang ke sekolah secara rutin.

“Saya suka pergi ke sekolah, tapi saya tidak bisa pergi tiap hari. Terlalu mudah pelajarannya, tapi saya mendapatkan hal yang baru di sana,” ujar Marko, yang fasih berbahasa Inggris.

Ia juga bekerja sebagai pengendali sistem administrasi di sebuah lembaga non-profit yang membantu orang-orang cacat. Marko saat ini memiliki proyek baru untuk mengajarkan orang tentang pengetahuan komputer dalam bahasa Inggris menggunakan streaming video.

Di antara waktunya mengolah sistem komputer dan juga membagi pengetahuannya, Marko tampak seperti anak-anak lain pada umumnya yang suka bermain bola dengan teman-temannya, bersepatu roda, dan juga menghilangkan stereotipe seorang kutu buku. Ia menganggap permainan di komputer merupakan buang-buang waktu dibandingkan waktu “bermain di luar”.

22 Juta Gamer Mainkan Game Shakespeare

Posted: 07 Feb 2010 02:00 AM PST

LONDON – Game online Shakespeare Country yang memainkan karakter Romeo dan Juliet sangat digandrungi para gamer. Tercatat ada 22 juta gamer di seluruh dunia yang memainkannya dan ini membuat game tersebut menjadi hit di internet.

Permainan game ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu membantu karakter Romeo mengumpulkan bunga mawar untuk kekasihnya Juliet. Namun karena itu, gamer justru senang memainkannya. Terlebih lagi, game tersebut dianggap sangat pas dengan momen perayaan hari Valentine yang sebentar lagi tiba.

Chief Executive Shakespeare Country Phil Hackett menyebutkan program game tersebut terhitung sukses. Menurutnya game ini bisa membuat karya Shakespeare hidup kembali.

“Sejak diluncurkan Mei silam, game ini menarik perhatian lebih dari seperempat netter yang berkunjung setiap bulannya, dan mereka semua berpendapat Shakespeare Country sangat menyenangkan untuk dikunjungi dan dimainkan,” kata Hackett seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (7/2/2010).

Sementara itu Stu Howarth, Director Kokodigital yang mengembangkan game ini menyebutkan, Shakespeare Country merupakan game paling populer yang pernah mereka buat.

“Kami menggunakan karakter Romeo yang sudah dikenal luas melalui karya Shakespeare. Kami berusaha membuat platform game yang atraktif dan menyenangkan dan dapat diakses oleh gamer dari berbagai kalangan dan usia,” kata Howarth. (rah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s